DESKRIPSI PROSES BERPIKIR SISWA KELAS VIII DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT

KUSUMA, INTAN PRAMIDA (2017) DESKRIPSI PROSES BERPIKIR SISWA KELAS VIII DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF FIELD DEPENDENT DAN FIELD INDEPENDENT. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (803kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (582kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (492kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (495kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir siswa kelas VIII dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 6 Purwokerto. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan tes, wawancara, dan dokumentasi. Pemilihan subyek dalam penelitian ini menggunakan group embedded figure test untuk mengetahui gaya kognitif subyek apakah masuk kedalam kategori gaya kognitif field dependent atau field independent dengan mengambil 3 siswa untuk masing – masing gaya kognitif. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya kognitif field independent lebih teliti dalam memecahkan masalah matematika, dan cenderung mengalami proses berpikir akomodasi dalam tahap memahami masalah cenderung berpikir asimilasi akomodasi dalam tahap merencanakan masalah, mengalami proses berpikir asimilasi akomodasi dalam melaksanakan strategi yang telah direncanakan, dan mengalami proses berpikir asimilasi akomodasi dalam memeriksa kembali.Siswa dengan gaya kognitif field independent . Siswa dengan gaya kognitif field dependent cenderung mengalami proses berpikir asimilasi akomodasi dalam memahami masalah, asimilasi dalam merencanakan masalah, asimilasi dalam melaksanakan strategi pemecahan masalah, dan mengalami proses berpikir asimilasi bahkan cenderung tidak mengalami proses berpikir asimilasi akomodasi dalam memeriksa kembali.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Chumaedi Sugihandardji, M.Si
Uncontrolled Keywords: proses berpikir asimilasi akomodasi, gaya kognititf field dependent field independent .
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 22 Mar 2017 00:54
Last Modified: 22 Mar 2017 00:54
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1116

Actions (login required)

View Item View Item