UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KECERDASAN INTERPERSONALSISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION(AIR) (Studi Kasus SMP Bhakti Praja Pangkah)

HADIYANTI, INDAH DWI (2017) UPAYA MENINGKATKAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DAN KECERDASAN INTERPERSONALSISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN STRATEGI AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION(AIR) (Studi Kasus SMP Bhakti Praja Pangkah). Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (898kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (605kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (695kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kecerdasan interpersonal siswa kelas VIIIA SMP Bhakti Praja Pangkah melalui pembelajaran berbasis masalah dengan strategi Auditory Intellctually Repetition (AIR).Penelitian ini merupakan PenelitianTindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus dilaksanakan dalam dua kali pertemuan.Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan aktivitas guru, pengamatan aktivitas siswa, tes evaluasi, angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diperoleh kemampuan berpikir kreatif pada siklus I dengan skor berpikir lancar 51,7, berpikir luwes 58, berpikir orisinil 54 dan berpikir elaboratif 60, sehingga diperoleh rata-rata kelas kemampuan berpikir kreatif 56. Selain itu, pada siklus III dengan skor berpikir lancar 70, berpikir luwes 80,7, berpikir orisinil 71 dan berpikir elaboratif 65 sehingga diperoleh nilai rata-rata sebesar 71 dan pada kecerdasan interpersonal mengalami peningkatan dari siklus I nilai rata-rata yang menunjukkan persentase 51% dengan kriteria sedang, siklus II memiliki rata-rata dengan persentase 61% dengan kriteria sedang dan siklus III memiliki nilai rata-rata menunjukkan persentase 76% dengan kriteria tinggi. Data tersebut menunjukkan bahwa melalui pembelajaran berbasis masalah dengan strategi Auditory Intellectually Repetition (AIR) terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis dan kecerdasan interpersonal pada siswa kelas VIIIA SMP Bhakti Praja Pangkah pada mata pelajaran Sistem Persamaan Linear DuaVariabel (SPLDV).

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Eka Setyaningsih, S.Si, M.Si,
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah,strategi Auditory Intellectually Repetition (AIR), kemampuan berpikir kreatif, dan kecerdasan interpersonal
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 22 Mar 2017 00:34
Last Modified: 22 Mar 2017 00:34
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1114

Actions (login required)

View Item View Item