KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DALAM KEGIATAN PRESENTASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PANCURENDANG

KUR NIAWAN, ALFI MUKLIS (2017) KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DALAM KEGIATAN PRESENTASI DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 PANCURENDANG. Other thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
ALFI MUKLIS KURNIAWAN - COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ALFI MUKLIS KURNIAWAN - BAB I.pdf

Download (593kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ALFI MUKLIS KURNIAWAN - BAB II.pdf

Download (744kB) | Preview
[img] Text
ALFI MUKLIS KURNIAWAN - BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text
ALFI MUKLIS KURNIAWAN - BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
ALFI MUKLIS KURNIAWAN - BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (586kB)
[img]
Preview
Text
ALFI MUKLIS KURNIAWAN - DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (585kB) | Preview
[img] Text
ALFI MUKLIS KURNIAWAN - LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan kegiatan berkomunikasi menjadi sebuah hal yang sangat pokok guna berjalannya sebuah proses pendidikan, baik dalam kegiatan yang sifatnya verbal sampai kepada kegiatan visual. Dalam kegiatan berkomunikasi hendaknya seseorang harus memiliki kemampuan dalam berbicara . Kemampan berbicara dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu aspek kebahasaan dan non kebahasaan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa dan permasalahan yang dialami siswa, sehingga dapat diketahui faktor penyebab permasalahan tersebut. Jenis penelitian yang dipakai adalah deskriptif kuantitatif dan melakukan penelitian di SD Negeri 1 Pancurendang untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa. Met ode yang pen eliti gunakan dengan tes, wawancara, observasi. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan belajar siswa kelas V di SD Negeri 1 Pancurendang sebagian besar memiliki kemampuan berbicara yang Baik dengan skor 91 dan rata -rata 3,7. Permasalahan ketika berbicara yang pali ng banyak dialami siswa saat berbicara antara lain adalah tidak memandang audiens ketika sedang berbicara didepan kelas, Tidak lancar ketika b erbicara, kurang menguasai topik cerita yang disampaikan, dan gerak -gerik serta mimik muka yang tidak tenang. Fakt or penyebab Kesalahan Ber bicara siswa antara lain adalah malu ketika sedang berbicara didepan teman -temannya didepan kelas, tid ak menguasai materi dengan baik ragu -ragu dalam mengucapkan setiap kalimat dan rasa takut untuk berbicara didepan kelas. Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara siswa kelas V di SD Negeri 1 Pancurendang sudah baik. Peramasalahan yang sering dialami siswa adalah kurangnya rasa percaya diri pada siswa sehingga siswa dalam komunikasi di depan kelas merasa grogi. Saran dari peneliti untuk guru yaitu sebaiknya siswa dibiasakan untuk dilatih berbicara di depan kelas pada saat pembelajaran .

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: 1. Drs. Supriatna, M.Pd. 2. Dhi Bramasta, S.Si ., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berbicara, Presentasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 21 Mar 2017 09:20
Last Modified: 21 Mar 2017 09:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1113

Actions (login required)

View Item View Item