UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY DAN EKSPERIMEN DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR

PRATIWI, DWIANI NUR FATMA (2017) UPAYA MENINGKATKAN RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPA MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN OUTDOOR STUDY DAN EKSPERIMEN DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN DI SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (658kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (868kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (590kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (624kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa terutama pada mata pelajaran IPA materi tanah di kelas V Sekolah Dasar Negeri I Mrebet. Rancangan penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama dua minggu dengan rencana pelaksanaan dua siklus, dalam satu siklus terdiri dari dua kali pertemuan, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes, berupa tes individu, angket, observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian yang dilakukan, menunjukan prestasi belajar pada siklus I dan II mengalami peningkatan. Penelitian pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 65,57 dengan prosentasen ketuntasan sebesar 62% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 80,57 dengan prosentase belajar sebesar 90%. Hasil angket rasa ingin tahu siswa menunjukan bahwa ada peningkatan rata-rata skor rasa ingin tahu siswa dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I rata-rata rasa ingin tahu siswa mencapai 2,55, dengan baik dan meningkat pada siklus II mencapai 3,31 dengan kriteria sangat baik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penerapa metode pembelajaran outdoor study dan eksperimen dengan memanfaatkan lingkungan dalam pembelajaran dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa materi tanah kelas V SD Negeri I Mrebet.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si dan Okto Wijayanti, S.Pd.,M.A
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Metode Outdoor Study, Eksperimen dan Lingkungan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 21 Mar 2017 04:09
Last Modified: 21 Mar 2017 04:09
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1098

Actions (login required)

View Item View Item