UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI BERMAIN DRAMA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI PANGEBATAN UPK KARANG LEWAS

RAHAYU, DWI SRI (2017) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI BERMAIN DRAMA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD NEGERI PANGEBATAN UPK KARANG LEWAS. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (587kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (662kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (578kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Sikap percaya diri dan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri dan keterampilan berbicara siswa, pada mata pelajaran Bahasa Indonesia menggunakan strategi bermain drama di kelas IV SD Negeri Pangebatan UPK Karanglewas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan yang masingmasing siklus mengguakan 4 tahapan, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan , observasi , dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Pangebatan UPK Karanglewas yang berjumlah 40 siswa, yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan tes dan non tes untuk kinerja siswa dan guru, sedangkan untuk sikap percaya diri siswa menggunakan wawancara dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya pada siklus I memperoleh 60,21 dengan ketuntasan belajar siswa menjadi 52,50%, mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh 75% dengan ketuntasan siswa menjadi 88,12%. Sikap percaya diri siswa juga mengalami peningkatan ketika siklus I siswa masih banyak yang belum berani maju ke depan ketika di siklus II siswa mulai berebut untuk maju ke depan kelas. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran bermain drama dapat meningkatkan sikap percaya diri dan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV SD Negeri Pangebatan UPK Karanglewas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Asih Ernawati, Ph.D., dan Cicih Wiarsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Sikap Percaya Diri, Keterampilan Berbicara, Bermain Drama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
P Language and Literature > PK Indo-Iranian
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 21 Mar 2017 04:00
Last Modified: 21 Mar 2017 04:00
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1095

Actions (login required)

View Item View Item