KESENIAN ANGGUK DI DESA KLAPAGADING KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS PERIODE 1976 -2014

WINARNI, ASRI (2015) KESENIAN ANGGUK DI DESA KLAPAGADING KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS PERIODE 1976 -2014. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER - Asri Winarni.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I - Asri Winarni.pdf

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II - Asri Winarni.pdf

Download (416kB) | Preview
[img] Text
BAB III - Asri Winarni .pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text
BAB IV - Asri Winarni.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text
BAB V - Asri Winarni..pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA - Asri Winanrni.pdf

Download (46kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang kesenian Angguk di desa Klapagading, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas Periode 1976 - 2014. Dalam penelitian ini masalah yang dibahas meliputi 1. Kondisi Sosial Budaya desa Klapagading, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, 2. Perkembangan kesenian Angguk di desa Klapagading, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas, 3. Fungsi dari pertunjukan kesenian Ang guk di desa Klapagading, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas. Sejalan dengan masalah dan tujuan penelitian maka penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian sejarah. Metode penelitian sejarah yaitu menguji dan manganalisis secara kritis rekaman peristiwa dan peninggalan masa lampau untuk memahami fakta yang terjadi. Adapun tahap - tahap metode sejarah adalah 1. Heuristik , pengumpulan sumber dibagi menjadi dua yaitu sumber primer dan sum ber sekunder. 2. Kritik sendiri terbagi menjadi dua, kritik ekstern, yaitu kritik yang dilakukan dari sisi luar , kritik intern, yaitu kritik dari dalam3. Interpretasi terhadap data tersebut. Tahap yang terakhir 4. Historiografi atau penulisan sejarah. Hasi l yang didapat dari penelitian ini, yaitu peneliti dapat mendeskripsikan kesenian Angguk di desa Klapagading, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas periode 1976 -2014, dengan meliha t sosial budaya serta kondisi umum keadaan desa Klapagading. Kesenian Angguk merupakan suatu kesenian yang dipertunjukkan, seni tari ini dimainkan oleh 8 orang pemain dan diiringi oleh 4 alat musik. Kesenian Angguk disebarkan oleh Sunan Syekh Siti Jenar dan Sunan Kalijaga yang mengangkat kesenian Angguk ini. Kesenian Angguk ini ber diri pada tahun 1976 di desa Klapagading dan memutuskan untuk membubarkan diri pada tahun 1992, tetapi pada tahun 2012 Angguk diangkat kembali karena gagasan dari kepala desa yang baru, yaitu Bapak Rudianto. Fungsi kesenian Angguk, yaitu fungsi hiburan, fu ngsi media pendidikan, dan fungsi ekonomi.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Dr. Sugeng Priyadi, M. Hum dan Drs. Suwarno, M.Si.
Uncontrolled Keywords: kesenian, kesenian angguk, desa klapagading, fungsi hiburan, fungsi media pendidikan, dan fungsi ekonomi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: windarto .
Date Deposited: 27 Oct 2016 03:45
Last Modified: 29 Oct 2016 00:25
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/108

Actions (login required)

View Item View Item