PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES KOMPETENSI DASAR KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 KALIBAGOR TAHUN AKADEMIK 2014/2015

INDRASARI, TRI NURUL (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES KOMPETENSI DASAR KEMERDEKAAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 1 KALIBAGOR TAHUN AKADEMIK 2014/2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
TRI NURUL COVER.pdf

Download (709kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TRI NURUL BAB I.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
TRI NURUL BAB II.pdf

Download (633kB) | Preview
[img] Text
TRI NURUL BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] Text
TRI NURUL BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[img] Text
TRI NURUL BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (495kB)
[img]
Preview
Text
TRI NURUL DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (496kB) | Preview
[img] Text
TRI NURUL LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan model pembelajaran tipe Examples Non Examples pada Kompetensi Dasar Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat. Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 1 Kalibagor yaitu kelas VII A yang berjumlah 32 siswa, terdiri dari 14 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan 2 siklus yang terdiri 4 kali pertemuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi 4 tahap yakni : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi dan tahap refleksi. Metode pengumpulan data diperoleh dari hasil tes dan lembar pengamatan aktivitas guru dan siswa.Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis persentase dengan menggunakan tabel dan diagram. Dari hasil penelitian pada soal pre test diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 44,21 atau nilai dalam presentase mencapai 1875 %, sedangkan pada test siklus 1 meningkat dengan rata-rata kelas sebesar 66,93 atau nilai dalam presentase mencapai 4687 %. Pada soal siklus 2 diperoleh rata-rata kelas dengan nilai sebesar 86,62 atau nilai dalam presentase mencapai 9375 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwasanya metode pembelajaran tipe Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan Kompetensi Dasar Kemerdekaan Mengemukakan Pendapat di kelas VII A SMP Negeri 1 Kalibagor Tahun Akademik 2014/2015.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Hj. Ratna Kartikawati, S.H, M.Hum dan Wildan Nurul Fajar, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Civic Education Learning Outcome, Examples Non Examples.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 20 Mar 2017 09:24
Last Modified: 20 Mar 2017 09:24
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1071

Actions (login required)

View Item View Item