UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PERISTIWA ALAM MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING DI KELAS V SD NEGERI MENGANTI 4 CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015

WIJAYATRI, AYU MENTARI (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMANDIRIAN DAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PERISTIWA ALAM MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING DI KELAS V SD NEGERI MENGANTI 4 CILACAP TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
AYU MENTARI COVER.pdf

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AYU MENTARI BAB I.pdf

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
AYU MENTARI BAB II.pdf

Download (587kB) | Preview
[img] Text
AYU MENTARI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img] Text
AYU MENTARI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
AYU MENTARI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (514kB)
[img]
Preview
Text
AYU MENTARI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (521kB) | Preview
[img] Text
2. Lampiran Belakang Skripsi PTK Ayu Mentari. W_ 1101100162 PGSD 2015.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar IPA materi peristiwa alam melalui model quantum learning. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Menganti 4 Cilacap yang berjumlah 28 siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus, terdiri dari 4 kali pertemuan, masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas siswa. Data hasil kemandirian dan prestasi belajar siswa diperoleh dari angket dan tes evaluasi yang diberikan pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian kemandirian belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata sebesar 53,8 tergolong kriteria kurang, sedangkan untuk prestasi belajar diperoleh nilai rata-rata keseluruhan 71,46 dengan kriteria baik. Hasil penelitian kemandirian belajar siswa pada siklus II diperoleh nilai rata-rata sebesar 73,6 tergolong kriteria baik, sedangkan untuk prestasi belajar diperoleh nilai rata-rata keseluruhan 78,17 dengan kriteria sangat baik. Simpulan dalam penelitian ini adalah bahwa pembelajaran IPA dengan menggunakan model quantum learning dapat meningkatkan kemandirian dan prestasi belajar IPA.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Yudha Febrianta, M.Or.,
Uncontrolled Keywords: kemandirian, prestasi belajar, IPA, dan quantum learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 20 Mar 2017 08:20
Last Modified: 20 Mar 2017 08:20
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1068

Actions (login required)

View Item View Item