UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI KELAS VIIC SMP N 1 KEMBARAN

PUSPITASARI, TANGGUH VELIANA (2016) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DI KELAS VIIC SMP N 1 KEMBARAN. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_TANGGUH VELIANA P._MATEMATIKA'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_TANGGUH VELIANA P._MATEMATIKA'16.pdf

Download (750kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_TANGGUH VELIANA P._MATEMATIKA'16.pdf

Download (775kB) | Preview
[img] Text
BAB III_TANGGUH VELIANA P._MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (930kB)
[img] Text
BAB IV_TANGGUH VELIANA P._MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_TANGGUH VELIANA P._MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (643kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_TANGGUH VELIANA P._MATEMATIKA'16.pdf

Download (716kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_TANGGUH VELIANA P._MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Kembaran melalui Model Pembelajaran Group Investigation. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Kembaran yang berjumlah 34 orang yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Pertemuan pertama digunakan untuk proses pembelajaran, sedangkan pertemuan kedua digunakan untuk proses pembelajaran dan pemberian test evaluasi. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Untuk memperoleh data minat siswa diperoleh melalui angket minat. Pada siklus I diperoleh persentase rata-rata 74,2% meningkat pada siklus II yaitu 77,6% dan meningkat lagi pada siklus III 82,4. Untuk memperoleh data kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, peneliti menggunakan test. Pada siklus I diperoleh rata-rata kelas 60,08, meningkat pada siklus II menjadi 71,11, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 80,88. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan minat dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Kembaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Joko Purwanto, M.Si., dan Fitrianto Eko Subekti, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Minat, Kemampuan Pemahaman Konsep, Group Investigation
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 20 Mar 2017 04:44
Last Modified: 20 Mar 2017 04:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1062

Actions (login required)

View Item View Item