KAJIAN TENTANG PENDIDIKAN MORAL DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA RAWALO

SUDIYO, SUGANDA AHMAD (2016) KAJIAN TENTANG PENDIDIKAN MORAL DI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA RAWALO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_SUGANDA AHMAD_PPKn'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_SUGANDA AHMAD_PPKn'16.pdf

Download (718kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_SUGANDA AHMAD_PPKn'16.pdf

Download (762kB) | Preview
[img] Text
BAB III_SUGANDA AHMAD_PPKn'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (859kB)
[img] Text
BAB IV_SUGANDA AHMAD_PPKn'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (809kB)
[img] Text
BAB V_SUGANDA AHMAD_PPKn'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (632kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_SUGANDA AHMAD_PPKn'16.pdf

Download (707kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_SUGANDA AHMAD_PPKn'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting di dalam kehidupan manusia. Pada era globalisasi moralitas remaja yang semakin merosot mnimbulkan kecemasan dalam kehidupan masyarakat, sehingga pondok pesantren muncul sebagai lembaga pendidikan nonformal yang mampu memberikan penanaman moral dengan menanamkan nilai agama Islam yang bersumber pada Al Qur’an, hadist dan kitab. Oleh karena itu peneliti mencoba untuk mengkaji tentang pendidikan moral yang ada di pondok pesantren Miftahul Huda Rawalo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji tentang model pembelajaran moral di pondok pesantren. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Subjek dalam penelitian ini adalah ketua pondok pesantren, ustad dan santri. Analisis data dengan 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verivikasi. Berdasar hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan umum yaitu pendidikan moral di pondok pesantren didasarkan pada nilai-nilai agama melalui pembelajaran yang bersumber pada kitab suci dan Hadits. Serta memberikan pendidikan moral melalui pendidikan secara formal. Model pembelajaran di pondok pesantren dilakukan di dalam dua lingkungan pendidikan, antara lain di pondok pesantren dan di sekolah. Penanaman nilai moral diberikan melalui habituasi di pondok pesantren. Kendala penanaman nilai moral di pondok pesantren yaitu jumlah tenaga pengajar yang kurang, fasilitas pembelajaran belum memadai. Proses penanaman nilai moral di pondok pesantren dipengaruhi oleh media sosial. Upaya mengatasi kendala penanaman moral di pondok pesantren dilakukan dengan cara pemberdayaan santri senior, menambah dan memperbaiki fasilitas, melakukan kemitraan kepada keluarga santri terkait aturan di pondok pesantren.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs, H, Banani Ma’mur, M.si., dan Elly Hasan Sadeli, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Moral, Pondok Pesantren
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
J Political Science > JA Political science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 20 Mar 2017 03:52
Last Modified: 20 Mar 2017 03:52
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1056

Actions (login required)

View Item View Item