PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MATERI PERISTIWA SEJARAH KONTROVERSIAL DI SMKN 3 PURWOKERTO

ARAINI, ARAINI (2018) PEMBELAJARAN SEJARAH PADA MATERI PERISTIWA SEJARAH KONTROVERSIAL DI SMKN 3 PURWOKERTO. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ARAINI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARAINI_BAB I.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ARAINI_BAB II.pdf

Download (294kB) | Preview
[img] Text
ARAINI_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB)
[img] Text
ARAINI_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
ARAINI_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
ARAINI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text
ARAINI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran sejarah pada materi peristiwa kontroversial di SMK Negeri 3 Purwokerto. Peneliti menjelaskannya dalam tiga sub bab yaitu pembelajaran sejarah materi kontroversial, sumber belajar yang digunakan serta kendala dan upaya untuk mengatasi permasalahan pembelajaran sejarah materi peristiwa kontroversial di SMK Negeri 3 Purwokerto. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan keabsahan data. Subjek penelitian ialah guru sejarah dan beberapa siswa SMK Negeri 3 Purwokerto. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran sejarah pada materi peristiwa kontroversial dapat dilaksanakan dengan baik melalui persiapan guru menyusun perangkat pembelajaran seperti metode bervariatif dan sumber belajar yang beragam. Pembelajaran di kelas akan menyenangkan sehingga terdapat hubungan timbal balik antara guru dengan siswa yang aktif. Selain itu, pemahaman materi kontroversial ini ditekankan pada pentingnya memberi sikap yang bijak terhadap peristiwa kontroversial melalui nilai-nilai sejarah masa lampau.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Materi Kontroversial, Sumber Belajar, Pemahaman
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Amri Hariri, SIP.
Date Deposited: 28 Jul 2021 02:33
Last Modified: 28 Jul 2021 02:33
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/10329

Actions (login required)

View Item View Item