STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA TUNARUNGU SMPLB NEGERI PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019

SEJATI, ABDIANA (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA TUNARUNGU SMPLB NEGERI PURBALINGGA TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ABDIANA SEJATI_COVER.pdf

Download (852kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABDIANA SEJATI_BAB I.pdf

Download (676kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABDIANA SEJATI_BAB II.pdf

Download (707kB) | Preview
[img] Text
ABDIANA SEJATI_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (621kB)
[img] Text
ABDIANA SEJATI_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)
[img] Text
ABDIANA SEJATI_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (616kB)
[img]
Preview
Text
ABDIANA SEJATI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (617kB) | Preview
[img] Text
ABDIANA SEJATI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran pendidikan agama Islam siswa tunarungu dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambatnya di SLB Negeri Purbalingga pada jenjang SMPLB. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.Penelitian ini dilakukan dengan cara mendeskripsikan kejadian-kejadian pada kegiatan pra pembelajaran maupun saat pembelajaran berlangsung di SLB Negeri Purbalingga jenjang SMPLB. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan memilih dan mengklasifikasikan data, pengolahan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1)strategipembelajaran pendidikan agama Islam siswa tunarungu adalah strategi pembelajaran langsung 2)Faktorfaktor yang mendukung yaitu, 1)faktor internal yang mencakup minat dan motivasi. 2)faktor eksternal yang mencakup hubungan yang baik antara guru dengan siswa maupun siswa dengan orangtuanya. Faktor-faktor yang menghambat yaitu, 1)faktor internal yang mencakup faktor fisiologis dan psikologis yaitu, kurangnya kemampuan mendengar dan berbahasa. 2)Faktor Eksternal yang mencakup lingkungan sosial dan lingkungan non sosial.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran , Anak Berkebutuhan Khusus, Tunarungu
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Amri Hariri, SIP.
Date Deposited: 27 May 2021 01:38
Last Modified: 27 May 2021 01:38
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/10301

Actions (login required)

View Item View Item