PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIMEDIA DI SMK MUHAMMADIYAH SOMAGEDE BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019

MARFIANI, ILLA (2019) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS MULTIMEDIA DI SMK MUHAMMADIYAH SOMAGEDE BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Bachelor thesis, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

[img]
Preview
Text
ILLA MARFIANI_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ILLA MARFIANI_BAB I.pdf

Download (637kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ILLA MARFIANI_BAB II.pdf

Download (687kB) | Preview
[img] Text
ILLA MARFIANI_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (646kB)
[img] Text
ILLA MARFIANI_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] Text
ILLA MARFIANI_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img]
Preview
Text
ILLA MARFIANI_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (787kB) | Preview
[img] Text
ILLA MARFIANI_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis multimedia, serta kendala yang dihadapi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis mulitmedia di SMKMuhammadiyah Somagede Bnayumas. Jenis penelitian yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian deskriptif ialah penelitian yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi saat sekarang. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian kualitatif mengkaji perspektif partisipan dengan strategi-strategi yang bersifat interaktif dan fleksibel. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan kemudian setelah data terkumpul data dianalisis dengan analisis reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Guru sudah menggunakan teknologi mutlimedia seperti video player, gambar, power point, dan Microsoft word serta menggunakan teknologi komputer/laptop dan teknologi telekomunikasi.. 2) Guru telah melaksanakan proses pembelajaran PAI sesuai dengan RPP dan sudah mencangkup 8 keriteria peristiwa pembelajaran. 3) Sebanyak 88% siswa menunjukan respon yang positif. Ditunjukan dengan siswa lebih tertarik dengan pembelajaran menggunakan mulitmedia dibandingan dengan pembelajaran yang hanya menggunakan metode ceramah dan bercerita. 4) Ditemukan beberapa kendala dan kebijakan yang dilakukan oleh guru untuk mengtasi kendala tersebut belum sepenuhnya tepat.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran PAI, Multimedia
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology > BV1460 Religious Education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Amri Hariri, SIP.
Date Deposited: 25 May 2021 03:58
Last Modified: 25 May 2021 04:01
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/10290

Actions (login required)

View Item View Item