UPAYA MENINGKATKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI GEOMETRI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRUNER DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

RANI, ARUM PUSPITA (2017) UPAYA MENINGKATKAN SIKAP RASA INGIN TAHU DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI GEOMETRI MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BRUNER DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (901kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (335kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Rendahnya rasa ingin tahu dan prestasi belajar siswa menjadi latar belakang masalah dalam penelitian ini. Untuk mengatasi hal ini, peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan keprofesionalan guru dalam menangani proses belajar di dalam kelas. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Pasir Wetan untuk meningkatkan rasa ingin tahu dan prestasi belajar matematika materi geometri melalui penerapan model pembelajaran Bruner. Dalam penelitian ini, jumlah siswa keseluruhan kelas IV SD Negeri Pasir Wetan yaitu 37 siswa, yang terdiri dari 18 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas yang akan dilaksanakan yaitu melalui 2 siklus yang terdiri dari siklus I dan siklus II, dimana masing-masing siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Pelaksanaan dari setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dari lembar evaluasi belajar siswa, lembar angket rasa ingin tahu siswa, dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SD Negeri Pasir Wetan melalui penerapan model pembelajaran Bruner dapat meningkatkan rasa ingin tahu siswa dan prestasi belajar siswa. Peningkatan rasa ingin tahu siswa ini dibuktikan dengan perolehan skor rata-rata pada siklus I yaitu 2,83 dengan kriteria baik dan perolehan rata-rata pada siklus II yaitu 3,29 dengan kriteria sangat baik. Sedangkan peningkatan prestasi belajar siswa dapat dibuktikan dengan perolehan nilai rata-rata pada siklus I yaitu 70,2 dengan presentase 67,56% dan perolehan nilai rata-rata pada siklus II yaitu 83,24 dengan presentase 86,48%. Penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan di kelas IV SD Negeri Pasir Wetan, dapat disimpulkan bahwa rasa ingin tahu dan prestasi belajar matematika materi geometri dapat meningkat melalui model pembelajaran Bruner.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Sony Irianto, M.Pd., dan Cicih Wiarsih, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Rasa Ingin Tahu, Prestasi Belajar, Matematika, Model Pembelajaran Bruner
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 17 Mar 2017 03:22
Last Modified: 17 Mar 2017 03:22
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1024

Actions (login required)

View Item View Item