UPAYA MENINGKATKAN RASA TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS IV SEKOLAH DASAR

SEPTIAWAN, ANDIK (2017) UPAYA MENINGKATKAN RASA TANGGUNG JAWAB DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (594kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (691kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (576kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Rasa tanggung jawab dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS masih rendah. Permasalahan ini tercermin ketika terdapat siswa yang masih terlihat bermalas-malasan dan siswa yang bercerita dengan teman sebangkunya pada saat guru menyampaikan materi pelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share di kelas IV. Penelitian dilakukan selama 2 siklus, dimana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah semua siswa kelas IV SD Negeri Kalisari Cilongok yang berjumlah 30 siswa, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Prosedur pelaksanaan setiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik data menggunakan teknik tes dan non tes. Teknik tes dengan evaluasi dan non tes dengan observasi, wawancara, dan angket. Hasil prestasi belajar siswa diperoleh dari evaluasi, peningkatan rasa tanggung jawab menggunakan lembar angket dan data aktivitas guru dan siswa diperoleh dari lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian, rasa tanggung jawab siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 2,84 dengan kriteria baik dan siklus II diperoleh rata-rata 2,96 dengan kriteria baik. Hasil prestasi belajar siswa pada siklus I diperoleh rata-rata 75,83 dengan persentase ketuntasan 56,67 % dengan kriteria kurang dan siklus II diperoleh rata-rata 84,5 dengan persentase ketuntasan 80% dengan kriteria baik. Hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif learning tipe Think Pair Share dapat meningkatkan rasa tangung jawab dan prestasi belajar siswa materi teknologi produksi, komunikasi dan transportasi di kelas IV SD Negeri Kalisari.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Supriatna, M. Pd, dan Dr. Sriyanto, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Rasa Tanggung Jawab, Prestasi belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: eko wahyudi
Date Deposited: 17 Mar 2017 03:10
Last Modified: 17 Mar 2017 03:10
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1023

Actions (login required)

View Item View Item