DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS 8 SMP ALAM AL-AQWIYA CILONGOK DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIK

JANAH, ZAHRA FIRDAUSI (2016) DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA KELAS 8 SMP ALAM AL-AQWIYA CILONGOK DITINJAU DARI DISPOSISI MATEMATIK. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_ZAHRA FIRDAUSI JANAH_MATEMATIKA'16.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_ZAHRA FIRDAUSI JANAH_MATEMATIKA'16.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_ZAHRA FIRDAUSI JANAH_MATEMATIKA'16.pdf

Download (866kB) | Preview
[img] Text
BAB III_ZAHRA FIRDAUSI JANAH_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
BAB IV_ZAHRA FIRDAUSI JANAH_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V_ZAHRA FIRDAUSI JANAH_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (638kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_ZAHRA FIRDAUSI JANAH_MATEMATIKA'16.pdf

Download (847kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_ZAHRA FIRDAUSI JANAH_MATEMATIKA'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan komponen penting dalam pembelajaran matematika yang dapat digunakan dalam menyelesaikan masalah matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa ditinjau dari disposisi matematis pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskripsi kualitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 8C SMP Alam Al- Aqwiya Cilongok. Pemilihan subyek dalam penelitian ini menggunakan angket disposisi matematik dengan mengambil 3 siswa untuk kelompok disposisi tinggi, 3 siswa untuk kelompok disposisi sedang, dan 3 siswa untuk kelompok disposisi rendah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan kesimpulan (verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kelompok disposisi matematis tinggi mampu menguasai empat indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu fluency, flexibility, originality, dan elaboration, dan siswa dengan kelompok disposisi matematis sedang mampu menguasai tiga indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu fluency, flexibility, dan elaboration, serta siswa dengan kelompok disposisi matematis rendah mampu menguasai dua indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu fluency dan flexibility.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Eka Setyaningsih, M.Si
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, Disposisi Matematik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 17 Mar 2017 01:44
Last Modified: 17 Mar 2017 01:44
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1019

Actions (login required)

View Item View Item