UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS V SD NEGERI 1 CIRAHAB

UTAMI, HANI PUTRI (2020) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA MELALUI PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DI KELAS V SD NEGERI 1 CIRAHAB. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Hani Putri Utami_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hani Putri Utami_BAB I.pdf

Download (697kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Hani Putri Utami_BAB II.pdf

Download (731kB) | Preview
[img] Text
Hani Putri Utami_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)
[img] Text
Hani Putri Utami_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Hani Putri Utami_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (612kB)
[img]
Preview
Text
Hani Putri Utami_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (614kB) | Preview
[img] Text
Hani Putri Utami_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah siswa kurang berminat dalam mengikuti pembelajaran yang mengakibatkan prestasi belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran tema 1 organ gerak hewan dan manusia melalui pendekatan pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) di kelas V SD negeri 1 Cirahab. Pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa secara penuh untuk dapat menemukan materi yang dipelajari dan menghubungkannya dengan situasi kehidupan nyata siswa sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 (dua) pertemuan. Penelitian ini terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 22 siswa. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa tema I. Siklus I prestasi belajar siswa diperoleh ketuntasan secara klasikal 47,75% dengan kriteria cukup. Hasil tersebut belum memenuhi indikator pencapaian dikarenakan siswa masih kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, siswa sangat pasif dan belum memahami materi pelajaran. Siklus II prestasi belajar meningkat menjadi 79,95% dengan kriteria baik. Peningkatan tersebut dikarenakan adanya semangat dari siswa dalam mengikuti pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan pendekatan pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada tema I organ gerak hewan dan manusia di kelas V SD Negeri 1Cirahab, Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Pratik Hari Yuwono, S.Sn., M.A. dan Drs. Pamujo, M.M., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar; Pendekatan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 21 Sep 2020 01:30
Last Modified: 21 Sep 2020 01:30
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/10130

Actions (login required)

View Item View Item