ANALISIS PENILAIAN AUTENTIK GURU DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR NEGERI ADIREJAWETAN 01

YULIANTO, ANGGIT IKHBAR (2020) ANALISIS PENILAIAN AUTENTIK GURU DALAM PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR NEGERI ADIREJAWETAN 01. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Anggit Ikhbar Yulianto_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Anggit Ikhbar Yulianto_BAB I.pdf

Download (647kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Anggit Ikhbar Yulianto_BAB II.pdf

Download (810kB) | Preview
[img] Text
Anggit Ikhbar Yulianto_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
Anggit Ikhbar Yulianto_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB)
[img] Text
Anggit Ikhbar Yulianto_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB)
[img]
Preview
Text
Anggit Ikhbar Yulianto_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (750kB) | Preview
[img] Text
Anggit Ikhbar Yulianto_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)

Abstract

Penilaian autentik merupakan pengumpulan data yang dapat memberikan informasi tentang perkembangan belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini terfokus pada pelaksanaan penilaian autentik dalam Kurikulum 2013 di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Adirejawetan 01 Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap. Tujuan penelitian ini, yaitu menganalisis pelaksanaan penelitian autentik guru dalam Kurikulum 2013 Sekolah Dasar Negeri Adirejawetan 01. Jenis penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV, dan peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negeri Adirejawetan 01 Kecamatan Adipala. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data mengggunakan Miles dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa (1) guru sudah memahami penilaian autentik dalam Kurikulum 2013; (2) guru sudah melaksanakan penilaian autentik dalam Kurikulum 2013 meliputi kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik pada kompetensi sikap, sebagai berikut: (1) waktu yang diperlukan cukup lama; (2) peserta didik sulit untuk menjawab jujur sikap yang dimiliki temannya; serta (3) sulitnya mengawasi perilaku peserta didik. Kendala dalam pelaksanakan penilaian autentik pada kompetensi pengetahuan, yaitu: (1) peserta didik kurang memahami soal dan (2) memerlukan waktu yang lama. Kendala dalam pelaksanaan penilaian autentik dalam kompetensi keterampilan, yaitu: (1) tidak semua peserta didik aktif dalam kegiatan proyek kelas dan lebih mengandalkan anak yang pandai untuk menyelesaikan tugas; (2) peserta didik sulit untuk berdiskusi. Guru sebaikanya membawa lembar penilaian autentik selama pelaksanaan penilaian, supaya penilaian dapat segera diselesaikan.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sriyanto, M.Pd. dan Agung Nugroho, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik; Pembelajaran; Kurikulum 2013
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 19 Sep 2020 02:53
Last Modified: 19 Sep 2020 02:53
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/10122

Actions (login required)

View Item View Item