UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN ROMAWI MELALUI MEDIA PUZZLE MATH OF ROMAWY DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SOMAGEDE

PRATIWI, RATNA NUR (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BILANGAN ROMAWI MELALUI MEDIA PUZZLE MATH OF ROMAWY DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SOMAGEDE. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
RATNA NUR COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
RATNA NUR BAB I.pdf

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RATNA NUR BAB II.pdf

Download (762kB) | Preview
[img] Text
RATNA NUR BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (730kB)
[img] Text
RATNA NUR BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
RATNA NUR BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img]
Preview
Text
RATNA NUR DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (609kB) | Preview
[img] Text
RATNA NUR LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Hasil belajar siswa meliputi tiga aspek, yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Hasil belajar siswa aspek kognitif di SD Negeri 1 Somagede terlihat masih rendah, hal ini dibuktikan dengan hasil pre tes menunjukkan bahwa hanya ada 4 siswa dari 22 siswa yang mencapai batas KKM yaitu 70. Hasil belajar aspek afektif terlihat bahwa siswa kurang aktif dalam pembelajaran, misalnya siswa terlihat pasif dan tidak berani mengajukan pertanyaan mengenai materi yang belum bisa dipahami, selain itu siswa juga kurang tanggap terhadap pertanyaan yang diajukan guru. Hasil belajar aspek psikomotor, siswa terlihat kurang terampil dalam menyelesaikan materi matematika, misalnya kurang terampil dalam menggunakan alat peraga matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa materi bilangan romawi melalui Media Puzzle Math of Romawy. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV dengan jumlah siswa 24, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan, setiap pertemuan terdiri dari 2 jam pelajaran. Berdasarkan hasil penilaian aspek kognitif siklus I diperoleh rata-rata nilai 7,5 dengan ketuntasan 75% dan siklus II diperoleh rata-rata nilai 8,7 dengan ketuntasan 87,08%, sehingga persentase peningkatan ketuntasan belajar yang diperoleh dari sikus I ke siklus II sebanyak 12,08%. Hasil belajar aspek afektif diperoleh nilai rata-rata siklus I sebesar 3,04 dan siklus II sebesar 3,54 sehingga diperoleh nilai rata-rata peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 0,5. Hasil belajar aspek psikomotor diperoleh nilai rata-rata siklus I sebesar 2,96 dan siklus II sebesar 3,51 sehingga diperoleh nilai rata-rata peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 0,55. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa penerapan Media Puzzle Math of Romawy dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD Negeri 1 Somagede.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sony Irianto, M.Pd. dan Drs. Sri Harmianto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Media Puzzle Math of Romawy.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 16 Mar 2017 08:57
Last Modified: 16 Mar 2017 08:57
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1012

Actions (login required)

View Item View Item