UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA PADA TEMA 4 “SEHAT ITU PENTING” MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIBANTU DENGAN MEDIA VIDEO DI KELAS VB SD NEGERI KARANGNANGKA

FARIKHATIN, NUR (2020) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN SIKAP DEMOKRATIS SISWA PADA TEMA 4 “SEHAT ITU PENTING” MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DIBANTU DENGAN MEDIA VIDEO DI KELAS VB SD NEGERI KARANGNANGKA. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Nur Farikhatin_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nur Farikhatin_BAB I.pdf

Download (773kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Nur Farikhatin_BAB II.pdf

Download (885kB) | Preview
[img] Text
Nur Farikhatin_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Nur Farikhatin_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Nur Farikhatin_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (684kB)
[img]
Preview
Text
Nur Farikhatin_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (693kB) | Preview
[img] Text
Nur Farikhatin_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Rendahnya keterampilan berpikir kritis dan sikap demokratis siswa menjadi landasan dilaksanakannya penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap demokratis siswa dengan menggunakan model problem based learning dibantu dengan media video. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Model penelitian tindakan kelas yang digunakan adalah model yang dikembangkan oleh Kemmis & Mc Taggart yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian yang dilaksanakan terdiri dari dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VB di SD Negeri Karangnangka yang berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 9 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes keterampilan berpikir kritis, angket sikap demokratis, lembar observasi aktivitas guru dan siswa serta lembar observasi sikap demokratis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil tes keterampilan berpikir kritis dan sikap demokratis siswa dari siklus I ke siklus II. Persentase ketuntasan tes keterampilan berpikir kritis siswa pada siklus I yaitu 38,09% yang meningkat pada siklus II menjadi 78,57% dengan kriteria baik. Sikap demokratis siswa juga meningkat dari siklus I ke siklus II. Rata-rata sikap demokratis siswa pada siklus I sebesar 2,23 yang meningkat pada siklus II menjadi 2,82. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dibantu dengan media video dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan sikap demokratis siswa kelas VB SD Negeri Karangnangka.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Ana Andriani, M.Pd. dan Dedy Irawan, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis; Sikap Demokratis; Problem Based Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 12 Sep 2020 00:49
Last Modified: 12 Sep 2020 00:49
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/10092

Actions (login required)

View Item View Item