PENANAMAN NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 PURWOKRTO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

LUINARTI, . (2015) PENANAMAN NASIONALISME MELALUI PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI DI SMA NEGERI 3 PURWOKRTO TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
LUINARTI COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LUINARTI BAB I.pdf

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LUINARTI BAB II.pdf

Download (915kB) | Preview
[img] Text
LUINARTI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (655kB)
[img] Text
LUINARTI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (683kB)
[img] Text
LUINARTI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (573kB)
[img]
Preview
Text
LUINARTI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (657kB) | Preview
[img] Text
LUINARTI LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penanaman Nasionalisme Melalui Pembelajaran Sejarah Pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Purwokerto. Secara umum tujuan penelitian ini untuk 1) mengetahui mengetahui Profil sekolah, 2) Nilai-nilai nasionalisme yang terkandung dalam pelajaran sejarah, 3) strategi pembelajaran penanaman rasa nasionalisme yang dilakukan guru sejarah kepada setiap anak didiknya, 4) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat guru sejarah dalam penanaman rasa nasionalisme kepada setiap anak didiknya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kualitatif deskriptif dimana pendekatan yang digunakan adalah Ilmu pendidikan dan Ilmu Sosiologi dengan sasaran penelitian adalah guru sejarah dan siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Purwokerto. Teknik pengumpulan data dengan cara Observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Wawancara yang dituju dalam penelitian ini adalah (1) Kepala Sekolah, (2) Guru mata pelajaran sejarah (3) Siswa kelas XI. Dokumen dalam penelitian yang dimaksudkan adalah dokumen yang berkaitan dengan, catatan-catatan, foto-foto dan dokumen yang lainnya yang berkaitan dengan pengelolaan pembelajaran Sejarah.Penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang terdiri dari pengumpulan data, penyajian data dan Verifiksi (mengambil kesimpulan). Bedasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil kesimpulan umum yaitu dalam pembelajaran sejarah untuk menanamkan rasa nasionalisme kepada siswa dapat dilihat dari dalam aspek kognitif, efektif dan psikomotor dalam didri siswa kelas XI.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs.Kartono,M.SI. dan Dr.Tanto Sukardi, M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Penanaman, Rasa Nasionalisme, Pembelajaran Sejarah
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 16 Mar 2017 08:05
Last Modified: 17 Mar 2017 08:46
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1009

Actions (login required)

View Item View Item