PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR MATERI BILANGAN ROMAWI MELALUI METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA DI KELAS IV SD

LISTIAWATI, LINA (2015) PENINGKATAN KEDISIPLINAN DAN PRESTASI BELAJAR MATERI BILANGAN ROMAWI MELALUI METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORAY MENGGUNAKAN MEDIA ULAR TANGGA DI KELAS IV SD. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
LINA LISTIAWATI COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LISA LISTIAWATI BAB I.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LINA LISTIAWATI BAB II.pdf

Download (674kB) | Preview
[img] Text
LINA KISTIAWATI BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (708kB)
[img] Text
LINA LISTIAWATI BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
LINA LISTIAWATI BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img]
Preview
Text
LINA LISTIAWATI DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text
LINA LISTIAWATI LAMPIARAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kedisiplinan dan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika melalui pembelajaran menggunakan metode Course Review Horay. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Objek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV SD Negeri 1 Sokawera yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan tes/evaluasi serta lembar observasi untuk aktivitas guru dan siswa, analisis data secara deskriptif kuantitatif dengan nilai dan persentase. Indikator dalam penelitian ini adalah apabila terjadi peningkatan nilai rata-rata individu 63 dan persentase ketuntasan 80 %. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran menggunakan model Course Review Horay dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata-rata tes/evaluasi siswa dari siklus I ke siklus II. Nilai rata-rata siklus I pertemuan I yaitu 58,75 dengan ketuntasan 54,2 % dan rata-rata siklus I pertemuan II 73,33 dengan persentase ketuntasan 83 %, jadi nilai rata-rata klasikal siklus I adalah 66,04 dengan persentase ketuntasan klasikal 69 %. Sedangkan pada siklus II pertemuan I memperoleh nilai rata-rata 65,41 dengan persentase ketuntasan 75 % dan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus II pertemuan II 89,58 dengan persentase ketuntasan 83,3 %. Hasil penilaian kedisiplinan siswa melalui pengamatan aktivitas siswa dapat diketahui jumlah nilai yaitu 16,4 dengan skor rata-rata siklus I 2,73 , sedangkan pada siklus II nilai yang diperoleh yaitu 19,4 dengan skor rata-rata pada siklus II 3,23.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Pamujo, M.M., M.Pd., dan Drs. Supriyatna, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, disiplin, Metode Course Review Horay, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Riski Wismana
Date Deposited: 16 Mar 2017 07:59
Last Modified: 16 Mar 2017 07:59
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1008

Actions (login required)

View Item View Item