PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 4 SDN 2 KRANJI PURWOKERTO

AJI, DANANG PRASTOWO (2020) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 4 SDN 2 KRANJI PURWOKERTO. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Danang Prastowo Aji_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Danang Prastowo Aji_BAB I.pdf

Download (848kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Danang Prastowo Aji_BAB II.pdf

Download (974kB) | Preview
[img] Text
Danang Prastowo Aji_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Danang Prastowo Aji_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Danang Prastowo Aji_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (881kB)
[img]
Preview
Text
Danang Prastowo Aji_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Danang Prastowo Aji_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk: (1) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SDN 2 Kranji. (2) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 2 Kranji. (3) Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 2 Kranji. Metode Penilitian ini regresi, data diambil menggunakan angket motivasi dan kemandirian, data prestasi diambil menggunakan nilai UAS. Uji hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi sederhana, sedangkan hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi ganda. Hasil Penelitian yaitu : (1) Terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar dengan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 2 Kranji, terlihat dari hasil koefisien korelasi 0,959 dan koefisien determinasi R2= 0,920. (2) Terdapat pengaruh signifikan kemandirian belajar dengan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 2 Kranji, terlihat dari hasil koefisien korelasi = 0,761 dan koefisien determinasi R2= 0,579. (3) Terdapat pengaruh signifikan motivasi belajar dan kemandirian belajar dengan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SDN 2 Kranji, terlihat dari hasil koefisien korelasi 0,966 dan koefisien determinasi R2= 0,933

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Santhy Hawanti, Ph.D. dan Okto Wijayanti, S.Pd., M.A.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar; Kemandirian Belajar; Prestasi Belajar; Bahasa Indonesia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 11 Sep 2020 02:04
Last Modified: 11 Sep 2020 02:04
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/10079

Actions (login required)

View Item View Item