PROBLEMATIKA DAN STRATEGI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS RENDAH SD NEGERI KALIURIP

KURNIAWAN, MASDA SATRIA (2020) PROBLEMATIKA DAN STRATEGI DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS RENDAH SD NEGERI KALIURIP. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Masda Satria Kurniawan_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Masda Satria Kurniawan_BAB I.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Masda Satria Kurniawan_BAB II.pdf

Download (867kB) | Preview
[img] Text
Masda Satria Kurniawan_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (925kB)
[img] Text
Masda Satria Kurniawan_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)
[img] Text
Masda Satria Kurniawan_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img]
Preview
Text
Masda Satria Kurniawan_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (720kB) | Preview
[img] Text
Masda Satria Kurniawan_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian problematika dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas rendah SD N Kaliurip perlu dilakukan karena banyak problematika yang dihadapi guru pada saat ini. Penelitian bertujuan untuk mengetahui permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di kelas rendah. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Partisipan dalam penelitian ini adalah 1 orang guru kelas I, 1 orang guru kelas II, dan 1 orang guru kelas III. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa problematika yang dihadapi guru adalah peserta didik kelas rendah masih kesulitan dalam menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Guru memiliki strategi dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada keterampilan berbahasa (menyimak, berbicara, membaca, dan menulis). Guru melakukan pendekatan langsung kepada peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menyimak, berbicara, membaca, dan menulis, dengan cara membimbing apabila ada peserta didik yang kesulitan dalam membaca atau menulis sampai peserta didik tersebut lancar. Guru juga membiasakan peserta didik untuk membaca dimanapun, misalnya di kantin pada kemasan jajan, di tempat umum, di tempat parkir, di halaman sekolah. Peserta didik yang kesulitan menulis akan dibimbing dengan cara menyalin tulisan di papan tulis, menyalin tulisan yang di buku. Peserta didik yang kesulitan menyimak atau kurang memperhatikan akan langsung dipanggil oleh guru untuk maju ke depan. Peserta didik yang kesulitan berbicara dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar akan dibiasakan untuk berkomunikasi dengan bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Okto Wijayanti, S.Pd., M.A. dan Santhy Hawanti, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Strategi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 10 Sep 2020 06:05
Last Modified: 10 Sep 2020 06:05
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/10072

Actions (login required)

View Item View Item