PENGARUH PEMANFAATAN GAWAI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018-2019

GAYATRI, INDIRA DYAH (2020) PENGARUH PEMANFAATAN GAWAI TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2018-2019. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Indira Dyah Gayatri_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Indira Dyah Gayatri_BAB I.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Indira Dyah Gayatri_BAB II.pdf

Download (897kB) | Preview
[img] Text
Indira Dyah Gayatri_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (903kB)
[img] Text
Indira Dyah Gayatri_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
[img] Text
Indira Dyah Gayatri_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)
[img]
Preview
Text
Indira Dyah Gayatri_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (829kB) | Preview
[img] Text
Indira Dyah Gayatri_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh pemanfaatan gawai terhadap hasil belajar mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto semester genap tahun pelajaran 2018-2019. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini terdiri dari satu variabel bebas berupa pemanfaatan gawai (X), serta variabel terikat berupa hasil belajar (Y). Sampel yang digunakan 40 responden dengan taraf kesalahan 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumen. Sedangkan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket pemanfaatan gawai dan dokumentasi berupa nilai Ulangan Tengah Semester (UTS) genap bahasa Indonesia. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh pemanfaatan gawai terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto. Hal ini ditunjukkan dengan uji t pada jumlah responden 40, didapat nilai t hitung sebesar 3.512, sedangkan t tabel sebesar 23.5, berarti t hitung > t tabel yaitu 3.512 > 23.5 dengan nilai sig = 0,000, karena sig = 0,000 < 0,05, maka disimpulkan bahwa pemanfaatan gawai memeberikan pengaruh sebesar 23.5% terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Purwokerto. Sedangkan 76,5% dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sukristanto, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Pemanfaatan Gawai, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 10 Sep 2020 05:38
Last Modified: 10 Sep 2020 05:38
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/10070

Actions (login required)

View Item View Item