EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DIRECTED READING ACTIVITY (DRA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS VIII SMP N 9 PURWOKERTO 2015-2016

SUBEKTI, SRI (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DIRECTED READING ACTIVITY (DRA) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT SISWA KELAS VIII SMP N 9 PURWOKERTO 2015-2016. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_SRI SUBEKTI_PBSI'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_SRI SUBEKTI_PBSI'16.pdf

Download (704kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_SRI SUBEKTI_PBSI'16.pdf

Download (828kB) | Preview
[img] Text
BAB III_SRI SUBEKTI_PBSI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (928kB)
[img] Text
BAB IV_SRI SUBEKTI_PBSI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (772kB)
[img] Text
BAB V_SRI SUBEKTI_PBSI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_SRI SUBEKTI_PBSI'16.pdf

Download (695kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_SRI SUBEKTI_PBSI'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Efektivitas Penggunaan Metode Directed Reading Activity (DRA) untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat Siswa Kelas VIII SMP N 9 Purwokerto 2015-2016”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adakah perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberi metode DRA dengan kelas yang tidak diberi metode pembelajaran. Metode DRA ialah metode pembelajaran membaca yang terarah dengan menyiapkan siswa dari tahap prabaca, membaca, dan pascabaca. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII SMP N 9 Purwokerto 2015-2016 yang berjumlah 213. Kelas VIII terbagi menjadi tujuh kelas, yaitu kelas VIII A, B, C, D, E, F, dan G. Ada dua kelompok yang digunakan sebagai pembanding, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling atau teknik acak. Sampel diambil sebanyak 30% dari jumlah populasi yang menghasilkan angka 70. Masing-masing kelas diambil 10 siswa. Dari 70 siswa kemudian dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 35 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan soal pilihan ganda berjumlah 30 butir, baik soal pre test maupun soal post test. Selanjutnya data yang telah diperoleh diuji menggunakan rumus uji t. Uji t digunakan untuk mengetahui adakah perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberi metode DRA dengan kelas yang tidak diberi metode pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata pre test sebesar 63,14 sedangkan nilai rata-rata post test ialah 62,95 dengan persentase penurunan sebesar 0,19%. Hasil penelitian kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pre test sebesar 61,23 sedangkan nilai rata-rata post test sebesar 75,33 dengan persentase kenaikan 14,1%. Berdasarkan hasil penghitungan uji t, diketahui nilai t hitung = 2,37 dan nilai t tabel = 1,66757. Hal tersebut menunjukkan bahwa t hitung > t tabel. Maka dari itu Ha diterima yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Jadi kesimpulannya, kelas eksperimen yang diberi metode DRA memperoleh hasil belajar yang lebih baik dibandingan kelas kontrol yang tidak diberi metode pembelajaran.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Sarwidi, M.Hum., dan Drs. Eko Suroso, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Membaca Cepat, Metode DRA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 16 Mar 2017 05:06
Last Modified: 16 Mar 2017 05:06
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1005

Actions (login required)

View Item View Item