PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU POP UP PADA MATERI STRUKTUR BUMI DAN MATAHARI KELAS V SEKOLAH DASAR

ANGGRAENI, OKTIVIANA (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU POP UP PADA MATERI STRUKTUR BUMI DAN MATAHARI KELAS V SEKOLAH DASAR. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
COVER_OKTIVIANA ANGGRAENI_PGSD'16.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I_OKTIVIANA ANGGRAENI_PGSD'16.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II_OKTIVIANA ANGGRAENI_PGSD'16.pdf

Download (826kB) | Preview
[img] Text
BAB III_OKTIVIANA ANGGRAENI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV_OKTIVIANA ANGGRAENI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V_OKTIVIANA ANGGRAENI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (619kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA_OKTIVIANA ANGGRAENI_PGSD'16.pdf

Download (628kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN_OKTIVIANA ANGGRAENI_PGSD'16.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Media pembelajaran IPA di sekolah dasar masih terbatas sehingga peneliti mengembangkan buku pop up. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui (1) Kondisi faktual media pembelajaran IPA di sekolah dasar. (2) Pengembangan media pembelajaran buku pop up. (3) Validasi buku pop up. (4) Pengaruh buku pop up terhadap pembelajaran struktur bumi dan matahari. (5) Respon guru terhadap buku pop up. (6) Respon peserta didik terhadap buku pop up. Jenis penelitian ini adalah research and development. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas V SD N 1 Tamansari. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes. Hasil penelitian adalah (1) Penggunaan media pembelajaran IPA di sekolah dasar belum optimal. (2) Pengembangan buku pop up dilakukan berdasarkan pengembangan media pembelajaran menurut Borg dan Gall. (3) Skor validasi adalah 4,4 yang menunjukkan buku pop up sangat layak. (4) Hasil uji hipotesis adalah Z < Zα/2 atau –1,082< –0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. (5) Skor respon guru adalah 5 yang menunjukkan buku pop up sangat baik. (6) Skor respon peserta didik adalah 4,8 yang menunjukkan buku pop up sangat baik. Simpulan dari hasil penelitian yaitu buku pop up berpengaruh terhadap pembelajaran IPA materi struktur bumi dan matahari.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Karma Iswasta Eka, M.Si., dan Cicih Wiarsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, struktur matahari dan bumi, dan buku pop up
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Iin Hayuningtyas
Date Deposited: 16 Mar 2017 03:49
Last Modified: 16 Mar 2017 03:49
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/1003

Actions (login required)

View Item View Item