UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN WALKING WATER PADA ANAK KELOMPOK B TK KUNCUP MEKAR KARANGPUCUNG KECAMATAN KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP TAHUN AJARAN 2018-2019

AYUDIANA, PINASTI (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN SAINS MELALUI METODE EKSPERIMEN WALKING WATER PADA ANAK KELOMPOK B TK KUNCUP MEKAR KARANGPUCUNG KECAMATAN KARANGPUCUNG KABUPATEN CILACAP TAHUN AJARAN 2018-2019. Bachelor thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.

[img]
Preview
Text
Pinasti Ayudiana_JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pinasti Ayudiana_BAB I.pdf

Download (759kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pinasti Ayudiana_BAB II.pdf

Download (825kB) | Preview
[img] Text
Pinasti Ayudiana_BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (805kB)
[img] Text
Pinasti Ayudiana_BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Pinasti Ayudiana_BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (637kB)
[img]
Preview
Text
Pinasti Ayudiana_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (711kB) | Preview
[img] Text
Pinasti Ayudiana_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (626kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan sains anak kelompok B dengan menggunakan metode eksperimen walking water di TK Kuncup Mekar Karangpucung Cilacap Tahun Ajaran 2018-2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan model penelitian siklus sistem spiral yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari tiga kali pertemuan. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah anak kelompok B di TK Kuncup Mekar Karangpucung Cilacap Tahun Ajaran 2018-2019 yang berjumlah 23 anak. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada setiap siklus yang telah dilakukan menunjukkan adanya perkembangan kemampuan sains anak melalui metode eksperimen walking water. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan metode eksperimen walking water dapat mengembangkan kemampuan sains anak kelompok B di TK Kuncup Mekar. Hal ini dapat dilihat dari hasil persentase pra siklus (kondisi awal) untuk kategori belum berkembang (BB) terdapat 9 anak (39,1%), kategori mulai berkembang (MB) terdapat 11 anak (47,9%), kategori berkembang sesuai harapan (BSH) terdapat 3 anak (13,0%), dan belum ada anak yang masuk ke dalam kategori berkembang sangat baik (BSB). Setelah dilakukan penelitian tindakan pada Siklus I terdapat peningkatan kemampuan sains anak, hal ini dapat dilihat dari hasil yang diperoleh yaitu pada kategori belum berkembang (BB) terdapat 3 anak (13,0%), kategori mulai berkembang (MB) terdapat 10 anak (43,5%), kategori berkembang sesuai harapan (BSH) terdapat 8 anak (34,8%), kategori berkembang sangat baik (BSB) terdapat 2 anak (8,7%). Selanjutnya diadakan penelitian tindakan pada Siklus II dengan hasil tidak ada anak yang masuk ke dalam kategori belum berkembang (BB), kategori mulai berkembang (MB) terdapat 3 anak (13,9%), kategori berkembang sesuai harapan (BSH) terdapat 8 anak (34,8%), dan kategori berkembang sesuai harapan (BSH) terdapat 12 anak (52,2%). Dari data hasil penelitian siklus II maka diperoleh hasil perkembangan anak yang lebih baik yaitu sudah mencapai 87% atau sebanyak 20 anak yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB). Sesuai dengan batas ketuntasan yang disampaikan Sujana yaitu 75-80% maka penelitian ini dianggap sudah berhasil.

Item Type: Thesis (Bachelor)
Additional Information: Pembimbing: Yuki Widiasari, S.Sos., M.A. dan Desti Pujiati, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Sains; Eksperimen; Walking Water
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Bandriyah .
Date Deposited: 27 Apr 2020 03:18
Last Modified: 27 Apr 2020 03:18
URI: http://repository.ump.ac.id/id/eprint/10003

Actions (login required)

View Item View Item